Antisipasi Terjadinya Bencana, Pemda Bungo Bentuk Tim

Kamis, 02 Januari 2020 - 13:16:07 - Dibaca: 804 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARA BUNGO - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana, Pemerintah Kabupaten Bungo mengadakan rapat bersama untuk membentuk tim penanggulangan bencana, Senin(01/01).

Bupati Bungo H Mashuri mengatakan, tim gabungan ini dibentuk untuk meminimalisir resiko terjadinya bencana alam di Kabupaten Bungo. Untuk itu sangat diperlukannya pemantauan.

"Kita bisa melihat dari keadaan dan laporan cuaca dari BMKG, bahwa curah hujan yang tinggi itu termasuk ke wilayah Sumatera terdapat di Provinsi Jambi wilayah barat ," ucap Mashuri.

Kabupaten Bungo sendiri termasuk curah hujan yang cukup tinggi. Menurut Mashuri, kita tidak akan bisa menghindari bencana alam, dan tidak bisa menghindari perubahan musim.

"Kami berharap tim yang nantinya terbentuk terus berkoordinasi agar kegiatan meminimalisir resiko. Agar bisa berjalan dengan baik, kami minta ada orang - orang yang bertanggung jawab di masing-masing OPD ," tutupnya.

Sementara itu Kepala Badan BPBD Kesbangpol Bungo, Tobroni Yusuf mengatakan kordinasi ini kedepannya tidak hanya dilingkup pemerintah daerah saja. Namun juga terhadap semua unsur Forkopimda.

"Kordinasinya juga bersama TNI, Polri, dan juga PLN. Kami menghimbau kepada seluruh OPD menginventarisir potensi - potensi yang dapat kita manfaatkan manakala terjadi bencana ," sebutnya.

Dikatakan Tobroni, untuk wilayah yang berpotensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan lainnya menyebar hampir diseluruh kecamatan di kabupaten Bungo.

"Dari total 17 Kecamatan, hanya dua Kecamatan saja yang tidak berpotensi terjadinya banjir dan bencana tanah longsor, yakni Kecamatan Rimbo Tengah, dan Bungo Dani ," tutupnya.(ptm)