Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019

Dinas Kesehatan Lounching GERMAS di Tanjabtim

Jumat, 22 November 2019 - 10:19:48 - Dibaca: 450 kali

Google Plus Stumbleupon


Foto bersama penerima KIS
Foto bersama penerima KIS / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Lounching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Kamis (21/11). Kegiatan dibuka oleh Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar, yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Jambi, H. Ahmad Bastari.

Kegiatan yang dipusatkan dihalaman Kantor Bupati Tanjabtim tersebut, sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional tahun 2019 ke 55. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr. Samsiran Halim, Wakil Bupati Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah, Dinas Kesehatan Kabupaten dan OPD lainnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H. Ahmad Bastari

Maksud dari kegiatan Germas ini, yakni sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Karena itu, perubahan hidup masyarakat yang modern menjadi  salah satu Germas yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dan pada tahun 2019 ini, Kabupaten Tanjantim dijadikan lokus Germas sekaligus melaksanakan Launching.

Untuk menjalankan Germas ini, ada Tujuh langkah penting yang harus dilakukan, diantaranya, melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, mengecek kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Jambi, H. Ahmad Bastari menyampaikan, bahwa program Germas ini merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh komponen bangsa dengan melaksanakan program agar Kesehatan masyarakat tetap terjaga, lingkungan bersih dan sehat, serta menjadikan masyarakat yang produktif dan inovatif.

"Jika itu semua sudah berhasil, maka dampak jangka panjangnya adalah biaya pengobatan yang terus menjadi permasalahan dapat berkurang," ulasnya.

Ia menjelaskan, bahwa pemerintah telah menerbitkan instruksi Presiden nomor 01 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan memfokuskan pada Tujuh kegiatan utama.

"Dengan melakukan kegiatan tersebut, secara tidak langsung kita sudah mencegah terjadinya penyakit tidak menular khususnya di Tanjabtim ini. Sehingga dampak pada peningkatan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya pengobatan," jelasnya.

Menindaklanjuti Inpres tersebut, tegasnya, Pemerintah Provinsi Jambi pun telah menerbitkan Peraturan Gubernur Jambi nomor 1 Tahun 2018 tentang Germas.

"Dan sampai tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Jambi telah mencanangkan di Tujuh kabupaten/kota. Bahkan hari ini (kemarin, red) kita laksanakan di Kabupaten Tanjabtim. Saya menaruh harapan besar kepada Tanjabtim yang mencanangkan Germas sampai ke tingkat desa maupun kelurahan dalam upaya menekan masalah kesehatan masyarakat," harapnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Jambi,H Ahmad Bastari saat menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sementara, Wakil Bupati Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah mengajak kepada semua lapisan masyarakat di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung agar dapat meningkatkan kesadaran tentang gaya hidup sehat dengan cara teratur dan terukur.

"Saya berharap, kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku," harapnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Jambi, Ahmad Bastari, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr. Samsiran Halim dan Wabup Tanjabtim, Robby Nahliyansyah.

Kemudian, Wakil Bupati menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Germas tersebut. Karena kegiatan ini merupakan sebagai wujud peran serta dalam mengangkat derajat kesehatan masyarakat di Tanjabtim.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dihalaman Kantor Bupati, diawali dengan Senam Germas dan dilanjutkan dengan makan buah secara bersama, pengguntingan pita dan pelepasan balon Germas, penandatanganan komitmen Germas dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting.

Kemudian dilanjutkan dengan peresmian rumah tunggu kelahiran dan rumah desa sehat dan peninjau stan pameran serta penyerahan Kartu BPJS dan pemberian Doorprize.(lan/hai/adv)