Harimau Sumatera Keluar dari TNBS Tanjabtim

Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:52:25 - Dibaca: 2482 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARASABAK - Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yeng terjadi di kawasan Taman Nasional Berbak Sembilang (TNBS) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), membuat sejumlah Harimau Sumatera keluar dari habitatnya.

Informasi tersebut diketahui pada Selasa (15/10) malam atas informasi masyarakat yang melihat sejumlah Harimau tersebut yang berkeliaran di Desa Sungai Cemara, Kecamatan Sadu.

Kepala Seksi TNBS, Nurrazman membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, saat ini tim telah meluncur ke lokasi Desa Sungai Cemara. Sekarang pihaknya belum update terkait hasil tim di lapangan.

"Baru malam tadi dapat informasinya, dan pagi tadi baru tim turun, sekarang belum update datanya mas," katanya melalui sambungan telpon, Rabu (16/10) kemarin.

Tindakan yang dilakukan di lapangan oleh tim, yakni bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk memantau sekaligus melakukan pengusiran. Namun, jika Harimau tersebut ada yang mengganggu ternak, biasanya pihaknya memasang perangkap.

"Tindakan pertama biasanya kami memantau dulu, baru kita lakukan pengusiran. Tapi kalau Harimau nya menganggu ternak, kita pasang perangkap," sebutnya.

Sebab lanjutnya, Desa Sungai Cemara itu merupakan perbatasan kawasan TNBS. Kalau di hari biasa menurutnya, Harimau di Sungai Cemara pun kadang-kadang juga keluar.

"Mungkin dikarenakan adanya kebakaran lahan itu juga, yang membuat sejumlah Harimau tersebut keluar dari kawasan," ungkapnya.(lan)