Roti Gandum Kayu Manis Merek Kerinci, Dijual Mahal di Eropa

Minggu, 13 Oktober 2019 - 05:30:53 - Dibaca: 596 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Kabupaten Kerinci juga terkenal dengan primadona rempah dunia melalui kayu Cassiaveranya, dan hingga saat ini tanah surga ini pun juga menjadi salah satu pusat produk hortikultura untuk daerah-daerah sekitarnya.

Kayu manis atau Cassiavera (Koerintji cinnamon), telah dikembangkan sejak Pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1929 bersamaan dengan perkebunan teh kayu aro. Sedangkan pada saat ini, Kayu manis asli Kerinci ternyata menjadi komoditi unggulan yang diekspor ke negeri Paman Sam dan Belgia yang menjadi negara eksportir terbesar untuk jenis Cassiavera.

Salah satunya roti gandum Kayu Manis dengan merek Kerinci, yang dijual di Eropa dengan harga mahal. Hal tersebut dikatakan Bupati Kerinci, Adirozal, saat ekspos hasil perkebunan Kerinci dihadapan Kedubes Belgia.

"Kue gandum dengan rasa Kayu Manis, dibuat merek kerinci, telah ada di Eropa," ujar Adirozal.

Bahkan menurut Bupati Dua periode ini, 1 keping kecil saja dijual dengan harga 2 Euro atau Rp 30 ribu. "Untuk itu kita berharap, agar hubungan ini terus berlanjut, sehingga petani Kerinci akan sejahtera dikarenakan permintaan yang terus meningkat di Eropa," tegasnya.(adi)