Giliran Singapura Dibabat Garuda Muda

Selasa, 30 Juli 2019 - 15:53:51 - Dibaca: 1744 kali

Google Plus Stumbleupon


SELEBRASI : Para Garuda Muda Usai mencetak gol ke Gawang Singapura
SELEBRASI : Para Garuda Muda Usai mencetak gol ke Gawang Singapura / Jambi Ekspres Online

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia kembali meraih hasil positif pada perhelatan Piala AFF U-15. Ya, skuat Garuda Muda itu lagi-lagi meraih kemenangan di babak penyisihan Grup A ajang sepak bola U-15 se-Asia Tenggara tersebut.

Setelah sebelumnya membungkam Vietnam dengan skor 2-0 di laga perdana, Sabtu (27/7) lalu, kini tim asuhan Bima Sakti itu 'makin menggila' dengan membungkam Singapura U-15 dengan skor telak 3-0.

Tiga gol kemenangan dalam pertandingan yang berlangsung di Institute of Physical Education (IPE) Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Senin (29/7) kemarin itu diciptakan, Marselino Ferdinan (18'), Wahyu Agong Drajat Mulyono (71') dan Mochamad Faizal Shaifullah (79').

Timnas Indonesia U-15 mencoba tampil menekan sejak babak pertama dimulai. Hasilnya, Garuda Muda berhasil menciptakan peluang pada menit ke-15 lewat kaki Wahyu Agung. Sayang, bola sepakkannya masih membentur tiang gawang.

Tiga menit berselang, upaya Indonesia untuk membobol gawang Singapura berhasil, setelah Marselino Ferdinan mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari serangan balik, Alfin Farhan Lestaluhu, bola di oper ke Faizal Shaifullah yang berada di sisi kanan serangan. Faizal lalu memberikan umpan lambung dan diteruskan oleh Ferdinan dengan tandukkan. Bola yang mengarah ke sisi kanan gawang tak mampu di halau kiper Singapura, Veer Karan Sobti.

Usai gol, semangat Garuda Muda semakin memabara, berkali-kali Muhammad Valerond an kawan-kawan terus memberikan tekanan terhadap jantung pertahanan Singapura.

Namun, Singapura yang condong dengan permainan bertahannya masih mampu mematahkan serangan Timnas Indonesia U-15. Hingga turun minum skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, skuat Merah Putih Junior terus melakukan serangan ke daerah pertahanan lawan. Singapura tetap pada pola permainannya yang bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

Sesekali, Singapura mendapatkan peluang untuk melancarakan serangan, namun upayanaya masih mampu dipatahkan lini pertahanan Timnas Indonesia U-15 yang dikomandoi Marcell Januar Putra.

Indonesia baru bisa menambah kedudukan menjai 2-0 saat laga memasuki menit ke-71. Kali ini Wahyu Agong yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memenangkan kemelut yang terjadi di depan gawang Singapura.

Tak puas dengan perolehan angka tersebut, Timnas Indonesia kembali menambah gol delapan menit berselang atau tepatnya pada menit ke-79 lewat Faizal Shaifullah.

Berawal dari umpan Muhammad Valeron, Faizal kemudian melepaskan tembakan ke gawang Singapura. Hingga laga usai, tak ada gol tambahan. Tim Garuda Muda pun menang 3-0.

Tentunya kemenangan ini sangat disyukuri oleh sang pelatih Bima Sakti. Menurutnya, kemenanga ini berkat kerja keras anak asuhnya yang sudah tampil baik di pertandingan tersebut.

"Ya, Alhamdulillah, kita bisa memenangkan pertandingan ini, semua berkat kerja keras pemain. Dan semua ini juga berkat doa dari masyarakat Indonesia, terima kasih atas doanya semua," ungkap Bima Sakti dalam sebuah video yang diterima wartawan di Jakarta, Senin (29/7) kemarin.

Akan tetapi Bima Sakti, mengaku ada beberap catatan dalam pertandingan tersebut yang nantinya menjadi modal bagi dirinya untuk melakukan evaluasi terhadap pemain untuk bisa lebih baik lagi di pertandingan berikutnya.

"Banyak catatan untuk bahan evaluasi kedepan, karena saya selalu mengingatkan pemain untuk tidak berbesar hati dan sombong, kita harus tetap rendah hati, karena lawan kita berikutnya akan lebih berat yaitu menghadapi Timor Leste. Namun kita akan evalusia meregak agar bisa progres lebih baik lagi," tutur Bima.

Kemenangan ini menambah catatan positif Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019. Garuda Muda secara keseluruhan sudah mencetak lima gol dan belum kebobolan dalam dua laga yang sudah dimainkan.

Selanjutnya, di babak penyisihan Grup A ini, Timnas Indonesia U-15 bakal mengahdapi Timor Leste U-15 pada Rabu (31/7) besok."yang terpenting kita akan melakukan recovery dulu, besok (hari ini, Selasa, 30/7). Seperti biasa kita akan tetap siap bertarung dan memberikan yang terbaik. Kemungkinan, kita akan ada rotasi pemain, karena ada beberpa pemain yang sudah bermain dua kali," tuntasnya. (gie/fin)