Tingkat Provinsi Jambi 2019 di Kabupaten Merangin

Bhaksos TNI KB-Kesehatan Dicanangkan

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:59:38 - Dibaca: 26 kali

Google Plus Stumbleupon


Wabup Merangin H Mashuri bersama Asisten Gubernur H Bastari serta Forkopimda Merangin disambut secara adat pada acara KB Kes Manunggal di Pamenang Barat.
Wabup Merangin H Mashuri bersama Asisten Gubernur H Bastari serta Forkopimda Merangin disambut secara adat pada acara KB Kes Manunggal di Pamenang Barat. / Jambi Ekspres Online

Bangko- Bhakti Sosial (Bhaksos) TNI Manunggal KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jambi 2019 pada Kamis (18/7) dicanangkan dipelataran Kantor Camat Pamenang Selatan Kabupaten Merangin.

Pada acara yang berlangsung meriah itu digelar berbagai pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Gunernur Jambi melalui Staf Ahli Gubernur H Ahmad Bastari mengatakan, penduduk merupakan sumber daya yang berarti bagi suatu negera.

Apabila penduduk suatu negara berdaya saing secara kuantitas maupun kualitas lanjutnya, maka penduduk tersebut akan menjadi modal sumber daya manusia  yang menggerakkan roda pembangunan.

Begitu pula sebaliknya, kondisi penduduk yang buruk secara kuantitas maupun kualitas, seringkali menjadi sumber dari berbagai masalah ekonomi, kemiskinan, sosial budaya maupun pertahanan keamanan.

Untuk mengendalikan jumlah penduduk dan meningkatkan kualitas penduduk harus tetap didukung penuh melalui Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Provinsi Jambi 2019.

‘’Atas nama Pemprov Jambi saya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan partisipasi semua pihak mulai dari masyarakat dan berbagi organisasi kemasyarakatan lainnya,’’ujar H Ahmad Bastari.

Melalui kegiatan itu Gubernur Jambi berharap, terjadi sinergitas antara TNI, BKKBN bersama Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta stakeholder terkait dapat terus ditingkatkan program kependudukan dan KB.

Bupati Merangin H Al Haris melalui Wabup H Mashuri mengatakan, berbagai program dan kegiatan dilaksanakan Pemkab Merangin, terkait pembangunan kependudukan.

Berbagai program itu antara lain, optimalisasi bonus demografi melalui pengembangan ketenagakerjaan, penyediaan sertifikat tenaga konstrusi terampil, mendorong pengembangan sekolah berbasis kompetesi dan penguatan ekonomi masyarakat serta pembinaan sebanyak 25 kampung KB.

 ‘’Pemkab Merangin menyambut baik kegaitan ini, karena Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Provinsi Jambi 2019 memiliki peran strategis,’’terang Wabup Merangin.

Peran stategis itu lanjut wabup, dimana anggota TNI diharapkan menjadi pelopor, motivator dan dinamisator dalam melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Sementara itu, Komandan Korem 042/Gapu diwakili Mayor Inf Sunardi menegaskan, tujuan dilakukan acara tersebut, untuk membantu Pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

Hal ini mengingat penduduk merupakan aset penting suatu bangsa, karena penduduk akan sangat menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Pertumbuhan penduduk harus seibang dengan ketersediaan pangan dan energi.

‘’Oleh karena itu aspek kuantitas dan kualitas suatu penduduk harus menjadi perhatian yang serius bagi pemerintah, sehingga tercipta daerah yang maju dan berkembang,’’terang Mayor Inf Sunardi.(teguh/humas)