Dinilai Punya Kans Besar Dibanding Kandidat Lain

Sukandar Siap Maju di Pilgub

Senin, 15 Juli 2019 - 14:23:15 - Dibaca: 1273 kali

Google Plus Stumbleupon


H. Sukandar, S.Kom, M.Si
H. Sukandar, S.Kom, M.Si / Jambi Ekspres Online

TEBO-Walaupun Pilgub Jambi bakal digelar Tahun 2020 mendatang, namun kandidat Cagub Jambi mulai bermunculan, bahkan tidak sedikit yang secara terang-terangan menyatakan kesiapannya untuk maju.

Salah satu yang punya kans besar dan sangat diperhitungkan ialah H. Sukandar, S.Kom, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tebo.

Berhasil mempertahankan posisi orang nomor satu di Kabupaten Tebo selama dua periode, H. Sukandar, S.Kom, M.Si dinilai memiliki karier politik yang sangat cemerlang. Karir politik ayah dari 6 anak ini dimulai pada Tahun 2006 dimana dirinya berhasil menjabat sebagai Wakil Bupati Tebo selama satu periode hingga Tahun 2011 yang saat itu berpasangan dengan Madjid Mu'az.  Pada Tahun 2011, Sukandar kembali maju di Pemilukada Tebo, namun bukan lagi sebagai orang nomor dua melainkan sebagai Calon Bupati. Berpasangan dengan Hamdi, Sukandar berhasil menjadi pemenang dan berhak menduduki kursi orang nomor satu di Kabupaten Tebo Hingga Tahun 2016. Kepercayaan masyarakat akan didikasi dan pencapaian kinerjanya selama 5 tahun dibuktikan pada Pilkada Tebo 2017 lalu dengan kembali dipercaya oleh masyarakat memimpin Kabupaten Tebo hingga 2022 mendatang.

H.Sukandar, S.Kom, M.Si juga memiliki rekam jejak yang bagus. Selain berhasil membangun Kabupaten Tebo yang merupakan sebuah Kabupaten pemekaran hingga saat ini sejajar dengan kabupaten lainnya, Bupati Tebo dua periode ini juga dinilai memiliki integritas yang tinggi karena selalu menjalakan dan menepati janji politiknya. Dalam urusan hukum, Sukandar juga dinilai bersih karena terbukti tidak pernah tersandung masalah hukum, baik itu saat menjabat sebagai Wakil Bupati Tebo Periode 2006-2011, maupun selama menjabat sebagai Bupati Tebo selama dua periode 2011-2016 dan 2017-2022.

Keberhasilan Hj. Saniatul Lativa, SE, MM duduk di kursi DPR-RI selama dua periode berturut-turut 2014-2019 dan 2019-2024 juga dinilai tidak lepas dari peran sang suami H. Sukandar, S.Kom, M.Si yang selalu memberikam dukungan terhadap sang isteri. Berkat perjungan mereka berdua, tidak saja masyarakat Kabupaten Tebo yang terus dibanjiri program dan bantuan dari Pemerintah Pusat namun juga  masyarakat Provinsi Jambi. Hal tersebut menjadi nilai tambah bagi H. Sukandar yang sama sekali tidak dimiliki oleh kandidat lainya.

Selain itu juga, Sukandar merupakan salah satu Pembina Wisnu Murti Provinsi Jambi yang merupakan Paguyuban Masyarakat Jawa di Provinsi Jambi. Bukan rahasia lagi kalau saat ini warga keturunan Jawa merupakan yang terbanyak dibandingkan warga keturunan lainnya di wilayah Provinsi Jambi. Hal tersebut tentunya menjadikan Sukandar sangat diperhitungkan dalam perebutan kursi orang nomor satu di Provinsi Jambi.

Walaupun dinilai memiliki kekuatan politik sedemikian rupa, namun Sukandar tetap tidak ingin sesumbar. Saat ditemui di ruang kerjanya, Sukandar menyatakan kesiapannya untuk maju bertarung di Pilgub Jambi 2020 mendatang jika nanti mendapat dukungan dan kepercayaan dari masyarakat. Dirinya juga mengaku siap menerima pinangan dari kandidat lainya yang memiliki visa dan misi yang sama dalam memajukan Provinsi Jambi ke depan.

"Jika nantinya diberi kepercayaan oleh masyarakat, Insya Allah kita siap, begitu juga jika ada pinangan nantinya, asalkan memiliki visi dan misi yang sama untuk membangun Jambi ke depan, Insya Allah saya akan maju," ujar Sukandar.

Walaupun demikian, Sukandar juga mengakui dirinya telah banyak menerima dukungan dari berbagai kalangan maupun para tokoh masyarakat Jambi yang mendorong dirinya maju pada Pilgub Jambi 2020 mendatang. Namun saat ini dirinya masih melihat kondisi dan situasi alur politik untuk menentukan langkah ke depannya.

‘’Kalau dukungan, sudah banyak yang meminta saya untuk maju, baik itu para sesepuh maupun dari tokoh dan kalangan masyarakat lainnya, namun tentunya kita akan melihat kondisi dan situasi ke depanya seperti apa," terang Sukandar.

Salah satu yang berbeda dari Sukandar ialah tidak terlalu mementingkan segala macam bentuk penghargaan atau ceremonial lainya. Namun Suami Hj. Saniatul Lativa ini selalu menjaga komitmennya dengan mengutamakan pencaiapan visi dan misi yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan kemajuan pembangunan Kabupaten Tebo selama kepemimpinannya.

"Saya tidak terlalu mementingkan segala bentuk penghargaan, namun yang paling utama ialah pencapaian kita dalam merealisasikan visi dan misi yang bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat, termasuk dalam membangun Provinsi Jambi yang lebih baik ke depannya,’’ tuntas Sukandar. (bjg/adv)