Sungai Dangkal, Sampah Rusak Sawah Warga

Selasa, 09 Juli 2019 - 12:10:27 - Dibaca: 904 kali

Google Plus Stumbleupon


SAMPAH MENUMPUK:  Imbas dari penumpukan sampah, sawah warga menjadi rusak.
SAMPAH MENUMPUK: Imbas dari penumpukan sampah, sawah warga menjadi rusak. [FOTO: GUSNADI/JAMBIEKSPRES]

KERINCI - Perilaku buruk yang masih menjadi tradisi warga yakni membuang sampah sembarangan, bahkan parahnya lagi sampah dibuang kedalam sungai. Seperti yang terjadi di sepanjang area Sungai Tiga Desa Hiang, yang setiap harinya dipenuhi sampah plastik. Bahkan akibatnya, sudah merusak sawah warga.

 ‘’Airan air sungai yang ada di sepanjang Desa Hiang, hingga jalur ke Desa Sebukar dan Semerah saat ini kondisinya sudah dangkal. Disebabkan, lumpur yang sudah mengendap selama bertahun-tahun. Bahkan sampah yang sudah menumpuk di dalam sungai, juga melimpah masuk kedalam sawah warga. Tentunya, sawah warga yang berada dipinggir sungai sudah banyak yang rusak," ungkap Efriden, warga Simpang Aro, Kecamatan Sitinjau Laut.

 

Warga yang mempunyai sawah di pinggir sungai, mengeluh. Pasalnya, sawah merupakan salah satu sumber ekonomi warga sekitar. "Kami meminta jika tidak ada program normalisasi, camat diharapkan ambil andil menghimbau masyarakat untuk gotong royong bersama-sama membersihkan sampah dan lumpur di sepanjang sungai," tandasnya. (adi)