STIKES HI Jambi

Gelar Lokakarya Literasi Jurnal Relawan Jurnal Indonesia

Senin, 15 April 2019 - 09:08:44 - Dibaca: 564 kali

Google Plus Stumbleupon


Ketua STIKES HI Jambi dan RJI Pusat serta narasumber lainnya
Ketua STIKES HI Jambi dan RJI Pusat serta narasumber lainnya / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Tahun 2019 ini STIKES Harapan Ibu (HI) Jambi dipilih menjadi lokasi Lokakarya Literasi Jurnal RJI 2019. Ketua Pelaksana, Lili Andriani, M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara RJI Pusat dengan STIKES HI Jambi dan RJI Korda Jambi.

Untuk di Provinsi Jambi, RJI Pusat memilih STIKES HI Jambi sebagai penyelenggara lokakarya. “Tujuan kegiatan adalah membantu pengelola jurnal yang ada di Provinsi Jambi, agar bersama-sama Berjuang meningkatkan publikasi,” aku Lili Sabtu (13/4) lalu.

Caranya, dengan membantu pengolah dan memberikan poin-poin, agar jurnal menuju akreditasi. Dalam kegiatan lokakarya ini dihadirikan 3 pemateri yang berasal dari tim RJI Pusat, RJI Korda Jambi dan dari Unja.

“Peserta selain dari pengelola Jurnal STIKES HI dan dosen dan pengajar serta peserta yang berasal dari Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau,” terangnya.

Sementara Ketua STIKES HI Jambi, Ns. Susi Widiawati M.Kep mengucapkan banyak terimakasih karena STIKES HI Jambi menjadi tuan rumah RJI 2019 untuk di Provinsi Jambi. Diharapkan kerjasama ini bisa selalu berjalan.

STIKES HI Jambi, telah memiliki 2 jurnal, yakni jurnal Riset Informasi Kesehatan (Jurnal Penelitian) dan Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (Jurnal PkM)

“Agar jurnal kami berkualitas  dan memiliki akreditasi dan sesuai standar akreditasi jurnal (ajurnal, red), kami siap untuk menerima ilmu yang diberikan RJI,” terang Susi.

 

SDM untuk pengelolaan jurnal harus mempunyai pengetahuan yang maksimal dalam pengelolaan jurnal supaya jurnal memenuhi standar ARJUNA. Sesuai visi RJI untuk membantu mengelola jurnal menjadi mapan dan bersaing ditingkat nasional. Pihaknya pun berupaya agar prodi-prodi di STIKES HI mmeiliki jurnal.

“Kami harap seluruh peserta dapat mengikuti dan mendengar dengan seksama sehingga nantinya bermanfaat dalam pengelolaan jurnal yang dimiliki,” urainya.

Erwin dari RJI Pusat dalam sambutannya menambahkan, lokakarya yang dilaksanakan jangan hanya terhenti disini saja, tapi harus ada follow up. Sehingga nantinya Jambi memiki jurnal yang telah terakreditasi.

“Karena jurnal harus memiliki title dan pada akhirnya memiliki nilai jual. Manfaatkan dengan baik kesempatan ini, semoga kehadiran kami memberikan dampak positif bagi pengelolaan jurnal bapak maupun ibu sekalian,” harapnya.

Dalam lokakarya juga dilakukan kerjama antara STIKES HI Jambi dengan RJI Pusat. Kegiatan turut dihadiri Waket I, II, III, Ketua LPMP dan ka prodi, dosen serta staf STIKES HI Jambi. (yos)