Perindah Kawasan Wisata Danau Sipin, Pemkot Ajukan PJU Solar Cell

Kamis, 07 Februari 2019 - 14:18:41 - Dibaca: 755 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online
JAKARTA - Pemerintah Kota Jambi terus konsisten memperindah kawasan objek pariwisata unggulan Danau Sipin. Selain terus membangun jogging track dan beberapa infrastruktur pendukung lain, Pemkot juga akan memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan teknologi Solar Cell (tenaga surya) disepanjang jalur jogging track.
 
Pemerintah Kota Jambi, mengusulkan pemasangan PJU dengan teknologi Solar Cell itu di Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, di Jakarta.
 
Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM secara langsung menyambangi kantor Ditjen EBTKE dan diterima oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Noor Arifin Muhammad, di ruang rapat utama Ditjen EBTKE di Pegangsaan Timur, Menteng Jakarta Pusat, Rabu siang (6/2). 
 
Turut serta mendampingi Wakil Wali Kota Maulana, Asisten Perekonomian HR. Erwansyah, Kadis PU-PR Farti Suandri, Camat jalur yang dilalui jogging track, Camat Danau Sipin dan Camat Telenaipura serta Kabag Perekonomian Edi Fahrizal.
 
Dalam pertemuan itu, Wakil Wali Kota Maulana menyampaikan konitmen Pemerintah Kota Jambi terkait kesiapan pemasangan serta desain lokasi dan proposal usulan solar cell.
 
Pemerintah Kota Jambi mengusulkan pemasangan sebanyak 275 titik lampu tenaga surya yang akan menerangi wilayah objek pariwisata Danau Sipin seluas 10 ribu 300 meter persegi tersebut.
 
Wakil Wali Kota Maulana mengatakan, pemasangan PJU solar cell guna melengkapi sarana penerangan dikawasan itu sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Jambi 2018-2023 diantaranya adalah menjadikan kawasan Danau Sipin sebagai pusat wisata unggulan di provinsi Jambi.
 
"Jogging track yang dibangun di 10 ribu 300 meter persegi tersebut insyaAllah akan diterangi solar cell, dengan rata-rata jarak titik lampu ke titik lampu lainnya adalah 50 meter. Dan kita tadi mengajukan permohonan sekitar kurang lebih 275 titik lampu, titik lampu berbasis solar cell ini juga tidak membebani APBD untuk membayar bulanan kepada PLN, karena hanya menggunakan tenaga surya. Alhamdulillah sudah direspon dengan baik dan sudah diterima, Insyaallah ini menjadi prioritas Ditjen EBTKE dan mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat kota Jambi," ujar Wawako Maulana.
 
Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Noor Arifin Muhammad, menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Wakil Wali Kota Jambi tersebut.
 
"Kami memberikan apresiasi dan merasa senang dengan Pemkot Jambi sudah berinisiatif membangun areal pariwisata baru di Danau Sipin, ya insyaAllah kita akan mencoba membantu, usulannya kita masukan dalam database dan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada dan tentunya ini prioritas," sebut Noor Arifin.
 
Sebagaimana diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) memiliki program Penerangan Jalan Umum Tenaga-Surya (PJU-TS) yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.
 
Solar cell memanfaatkan potensi energi matahari yang diubah menjadi energi listrik melalui proses yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi. Lampu yang digunakan adalah jenis LED, sehingga lebih hemat energi dan memiliki masa pakai yang lebih panjang.
 
(hfz)