Dua Tahun Lagi Danau Sipin Jadi Objek Wisata Unggulan

Selasa, 08 Januari 2019 - 11:31:02 - Dibaca: 2039 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online
JAMBI - Danau Sipin adalah anugerah yang diberikan Allah untuk Kota Jambi. Tidak banyak danau alami yang berada persis ditengah kota, namun Kota Jambi punya itu. Pembangunan kawasan Danau Sipin telah dilirik Fasha sejak awal dilantik menjadi Wali Kota Jambi 2013 lalu.
 
"Kita akan tata dengan baik tanpa mengganggu ekosistem, mata pencaharian penduduk,” tuturnya.
 
Komitmen Wali Kota Fasha untuk memajukan wisata Danau Sipin tak perlu diragukan. Dirinya berkomitmen akan menjadikan kawasan Danau Sipin sebagai perpaduan antara kawasan wisata budaya dan alam andalan Kota Jambi.
 
“Kita akan memadukan alam yang indah dan unik dengan kearifan lokal budaya Kota Jambi. Transportasi perahu tradisional juga tetap kita pertahankan. Di Legok juga sudah kita bangun rumah tenun yang akan menambah daya tarik dan kekhasan wisataDanau Sipin. Taraf ekonomi masyarakat sekitarpun tentunya akan terangkat," bebernya.
 
Jika hal tersebut terwujud, tentu Danau Sipin menjadi ikon wisata unggulan baru yang menarik di Kota Jambi. Menikmati "sunset" ditemani dengan semilir angin, ditambah dengan uniknya kearifan lokal masyarakat menangkap ikan dengan tangkul. Atau sekedar bersantai sambil memancing dan berperahu ria di tengah danau.
 
Danau yang berada ditengah Ibu Kota Provinsi tersebut memiliki potensi besar sebagai tempat wisata. Penataan sudah mulai dilakukan sejak 2016 lalu.
 
Danau itu rencananya akan menjadi wisata air dengan konsep kearifan lokal yang dipadukan dengan wisata modern. Ada jogging track yang kini dibangun dipinggiran Danau Sipin secara bertahap. 2017 jogging track sudah dibangun sepanjang 486 meter dengan anggaran Rp 3,5 dari APBD Kota Jambi, 2018 dilanjut pembangunan jogging track dengan panjang lebih kurang 600 meter yang mengahabiskan anggaran Rp 5 M dari APBD. Total sudah ada lebih kurang 1,2 kilo meter jogging track yang dibangun. Ada taman serta MCK.
 
Menurut Wali Kota Jambi Syarif Fasha, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 150 miliar untuk merampungkan rencana pengembangan destinasi wisata Danau Sipin. Tiga tahun kedepan ditargetkan Danau Sipin berubah total. Ditengah Danau Sipin nanti akan dibuat air mancur menari, ada perahu bebek dan jet sky. Juga akan dibangun jembatan gantung yang menjadi penghubung antara dua sisi bronjong antara belakang kantor gubernur hingga masjid Danau Sipin.
 
“Kita selesaikan dulu fasilitas seperti jogging track dan bronjong, kita akan buat venue panjat tebing juga dipinggir danau. Jika sudah selesai, baru kita buat ponton apung yang besar, kafasitasnya bisa menampung 1000 orang. 2019 ada anggran Rp 8 M untuk Danau Sipin,” kata Fasha.
 
Sistem pembangunan danau sipin berangsur, 2023 ditargetkan rampung, namun, 2019 ini danau sipin sudah bisa dimanfaatkan sebagai pusat wisata. Akan ada kejuaran dayung nasional yang berlangsung di danau sipin 2019.
 
Jalan kampung Danau Sipin akan kembali dilebarkan, hal tersebut untuk mempermudah akses masuk para wisatawan kedanau sipin.
“Targetnya, masyarakat tidak hanya berkunjung dibelakang kantor gubernur, tapi juga bisa masuk kampung Danau Sipin,” imbuh doktor ilmu pemerintahan itu.
 
(hfz)