Romi: Sawah Jangan Dialih-fungsikan 

Selasa, 24 Juli 2018 - 10:17:01 - Dibaca: 1724 kali

Google Plus Stumbleupon


SAWAH: Terlihat sawah di Desa Rantau Makmur,  Kecamatan Berbak, sudah mulai ditanami kelapa sawit.
SAWAH: Terlihat sawah di Desa Rantau Makmur,  Kecamatan Berbak, sudah mulai ditanami kelapa sawit. / Jambi Ekspres Online

 

MUARASABAK - Alih fungsi lahan yang terus terjadi membuat perhatian tersendiri bagi Pemkab Tanjabtim.  Seperti halnya di Desa Rantau Makmur,  Kecamatan Berbak.  Semula warga memanfaatkan lahan untuk bertanam padi,  namun saat ini sudah mulai di tanami sawit.  “Jangan alih fungsi lahan,  kalau minta bantu bibit kita bantu,  asal jangan nanam sawit,“ ujar Bupati Romi saat dialog bersama warga setempat.

Bukan hanya menawarkan bantuan kepada petani, Bupati Romi juga akan mengoptimalkan lahan sawah yang berada di Desa Rantau Makmur, salah satunya degan membangun tanggul agar saat musim banjir lahan sawah tidak terendam banjir. ‘’Asal janji dulu semua sawit yang ada harus ditumbangkan dan tidak menanam sawit lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Waltono salah seorang petani mengaku, jika sawit yang dirinya tanam tidak pernah menghasilkan buah yang menjanjikan. Malah sawitnya maikn tahun makin kuning dan kuncung. Saya  berjanji akan menumbangkan sawit yang dirinya tanam di lahanya seluas -+ 3 hektar, asal pemerintah benar-benar membangunkan tanggul dan membantu bibit untuk pertanian,’’ tegasnya di hadapan bupati.

(oni)