Delapan Balon DPD RI Mendaftar

Rabu, 11 Juli 2018 - 07:53:16 - Dibaca: 570 kali

Google Plus Stumbleupon


DAFTAR : Anggota DPR RI aktif Elviana menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Provinsi Jambi kemarin (10/7)
DAFTAR : Anggota DPR RI aktif Elviana menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Provinsi Jambi kemarin (10/7) / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Tahapan pendaftaran Bakal Calon Anggota DPD RI Dapil Jambi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, akan berakhir hari ini (11/7). Hingga hari kedua pendaftaran berlangsung, Selasa (10/7), sejumlah bakal calon (Balon) mulai ramai mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi untuk mendaftarkan diri.

Sejauh ini, sudah ada 8 nama yang telah menyerahkan berkas pendaftaran. Delapan nama tersebut yakni, yakni  Hendri M Nur, mantan Ketua DPD PAN Bungo, Ketua YLKI Jambi, Ibnu Kholdun dan Yasir. Selain itu, ada juga Anggota DPR RI aktif dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Elviana, Ketua DPRD Muaro Jambi Salma Mahir.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Bungo Ria Mayang Sari yang juga merupakan Puti kandung Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar. Kemudian Azim Antoni Jaiz yang merupakan putra asal Kabupaten Kerinci dan Azhar Mulia.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi mengetakan, selama dua hari berlangsungnya penerimaan berkas pendaftaran, semua berjalan sebagaimana yang diharapkan. “Dari berkas yang telah diserahkan para bakal calon yang telah mendaftar, semua berkasnya ada dan lengkap. Memenuhi syarat apa tidak, itu nanti akan diverifikasi,” jelasnya.

“Tanggal 11 adalah hari terakhir pendaftaran, tinggal 13 bakal calon lagi yang belum mendaftar. Insyaallah semua proses pendaftaran akan diselesaikan besok hingga pukul 24. 00 wib,” katanya lagi.

Dijelaskannya, walaupun semua dokumen itu ada dan lengkap, tapi pihaknya mengaku akan melakukan proses verifikasi terhadap keabsahan dan kebenaran dokumen yang disampaikan ke KPU. “Tahap selanjutnya setelah verifikasi berkas pendaftaran ini pada tanggal 21 Juli, hasilnya akan kita sampaikan kepada bakal calon. Jika ada yang belum memenuhi ada syarat maka masuk peda masa perbaikan,” tambahnya.

Sementara itu, Elviana usai mendaftarkan diri mengatakan, bahwa bahwa proses pendaftaran dirinya di KPU berjalan lancar dan berkas dinyatakan lengkap. "Alhamdulillah lancar, verifikasi faktual juga lancar karena ini kali kedua, jadi sudah disiasati. Semua syarat sudah siap," tuturnya.

Saat ditanya kenapa dirinya lebih memilih maju unutk menjadi seorang Anggota DPD RI, Elviana mengatakan, bahwa dirinya akan lebih memfokuskan dirinya untuk berkontribusi membangun daerah Jambi. “Karena di DPR itu kita mengurus republik, tapi kalau DPD kita lebih fokus memperhatikan Jambi. Untuk apa saya membuang energy mengurus republic, saya ingin fokus untuk Jambi saja,” bebernya.

Sementara Hendri M Nur saat ditanya motivasi dirinya maju di DPD RI, dia menilai sejauh ini peran dari seorang anggota DPD RI Dapil Jambi belum membumi ditengah masyarakat. “Jangankan orang dusun, masyarakat  kota saja banyak yang tidak tau apa fungsi anggota DPD,” sebutnya.

Padahal, kata Hendri, seorang anggota DPD itu merupakan perpanjangan tangan daerah di pusat. "Jadi jika terpilih nanti, saya akan berusaha membumikan peran seorang anggota DPD itu di Jambi," imbuhnya.

(wan)