Jelang Idul Adha, Dua Ekor Kerbau Milik Warga Kerinci Hilang

Rabu, 11 Juli 2018 - 07:41:17 - Dibaca: 515 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Melonjaknya harga dan permintaan daging menjelang hari raya Idul Adha, membuat pencurian hewan korban semakin marak di Kabupaten Kerinci. Akibatnya, para peternak mengalami kerugian yang cukup besar.

Salah satu kasus pencurian hewan ternak misalnya terjadi di Desa Sungai Medang, Kecamatan Air Hangat Timur, Kerinci. Dimana Dua ekor kerbau milik warga atas nama Zamzami (62) dan Mukliadi (60) warga desa Sungai Medang ini lenyap di kandangnya, Selasa (10/07).

Zamzami, salah seorang pemilik kerbau yang hilang membenarkan hal tersebut. Dirinya baru mengetahui kerbaunya hilang sekitar pukul 07.00 Wib, saat mereka hendak memberikan makan ternak tersebut. “Saat kami datang dikandang ternak kerbau, kami terkejut kerbau kami sudah tidak ada,” ujar Zamzami.

Akibat aksi pencurian Dua ekor kerbau, Zamzami dan Mukliadi mengelami kerugian masing masing 11 juta dan 13 juta total kerugian 24 juta. “Selama ini, baru kali ini kejadian kerbau hilang dicuri di desa Sungai Medang. Kejadian ini, sudah kami laporkan ke Polsek Air Hangat Timur,” kata Mukliadi.

Terpisah Kapolsek Air Hangat Timur, Iptu Iswanto, dikonfirmasi membenarkan adanya laporan dari masyarakat adanya pencurian ternak milik warga di Sungai Medang. "Iya ada laporan dari korban tadi siang, kerbau miliknya hilang dicuri dikandang," sebutnya. 

Iswanto mengatakan, terkait dengan laporan tersebut pihaknya akan melakukan penyelidikan. "Kita akan tindak lanjuti laporan tersebut, karena tidak ada saksi yang melihat, maka kita lakukan penyelidikan terlebih dahulu," ungkapnya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat Kerinci, yang mempunyai ternak untuk berhati-hati, karena saat ini lagi marak pencurian ternak. "Nanti Khatibmas Polres Kerinci yang akan memberikan surat Edaran dan himbauannya kepada masyarakat," pungkasnya.

(adi)