Upacara Digelar di Ruang Pola Utama Kantor Bupati

Merangin Peringati Hari Pendidikan Nasional

Rabu, 02 Mei 2018 - 13:31:21 - Dibaca: 550 kali

Google Plus Stumbleupon


Pjs Bupati Merangin H Husairi didampingi Sekda H Sibawaihi menyerahkan piagam kepada para guru dan kepala sekolah berprestasi
Pjs Bupati Merangin H Husairi didampingi Sekda H Sibawaihi menyerahkan piagam kepada para guru dan kepala sekolah berprestasi / Jambi Ekspres Online

Bangko-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin kemarin (2/5) memperingati hari pendidikan nasional 2018. Acara difokuskan pada upacara yang berlangsung khidmat di Aula Utama Kantor Bupati Merangin.

Kok di Aula tidak di lapangan? Dijelaskan Pejabat sementara (Pjs) Bupati Merangin H Husairi yang tampil sebagai inspektur upacara peringatah hari Pendidikan Nasional itu, pada pagi hari tersebut di Merangin turun hujan.

‘’Karena kondisi cuaca hujan dan tidak memungkinkan digelar upacara di lapangan, maka upacara kita alihkan ke Aula Utama Kantor Bupati Merangin. Namun demikian upacara yang kita gelar di ruangan tidak kalah khidmat dengan di lapangan,’’ujar H Husairi.

Pada upacara yang diikuti barisan pelajar SMP dan SMA, Pramuka, Mahasiswa, Korpri, Polisi, TNI dan Satpol PP tersebut, Pjs Bupati Merangin membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy.

Dikatakan Pjs bupati, disadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan, masih jauh dari jangkauan. Usaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas itu, terus dilakukan.

Guru, orang tua  dan masyarakat lanjut Pjs bupati, harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudyaan, dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.

‘’Tripusat pendidikan itu, harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong royong dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa,’’terang Pjs Bupati.

Selain jalur pendidikan formal yang telah berhasil mendidik lebih dari 40 juta anak  tegas Pjs bupati, pendidikan nonformal telah banyak memberikan andil dalam mencerdaskan bangsa.

Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, baik jalur formal, nonformal, maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jalur pendidikan tersebut.

Pada upacara peringatan hari Pendidikan Nasional itu, Pjs bupati Merangin didampingi Sekda Merangin H Sibawaihi dan Forkopimda memberikan piagam penghargaan bagi para kepala sekolah dan guru berprestasi 2018.(teguh/humas)