Elektabilitas PAN Bisa Tergerus, Fattah Gantikan Havis di Batanghari

Rabu, 11 April 2018 - 10:24:56 - Dibaca: 477 kali

Google Plus Stumbleupon


Ketua DPD PAN Batanghari M Haviz dan  Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Zumi Zola.
Ketua DPD PAN Batanghari M Haviz dan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Zumi Zola. [Instagram]

JAMBI - PAN Provinsi Jambi betul-betul sedang diuji di tahun politik ini. Kurang dari 15 hari, dua kader ‘pentingnya’ terjerat kasus hukum.

Diawali dengan penangkapan Ketua DPD PAN Batanghari M Haviz oleh anggota Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Jambi karena tersandung kasus Narkoba pada 29 Maret 2018 lalu, kemudian disusul penahanan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Zumi Zola oleh KPK 12 hari setelahnya, atau tepatnya pada Senin kemarin (9/4). Zola ditahan karena terjerat kasus gratifikasi.

Penahanan Zola tentu menjadi pukulan keras untuk partai berlambang matahari biru itu. Soalnya, penahanan itu dinilai berpengaruh pada elektabilitas PAN pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Pengamat politik, Jafar Ahmad mangatakan penahanan terhadap Zumi Zola secara langsung ataupun tidak akan berdampak terhadap PAN. Karena Zola selaku tokoh cukup populer dan menjadi fenomena, salah satunya di Pemilihan Gubernur 2015 lalu.

‘‘Jika ada yang bertanya apakah berpengaruh, pasti berpengaruh terhadap partai. Karena di Indonesia ini hampir tidak mengenal loyalis partai. Kader itu terkoneksi dengan tokoh dan simbol di partai,’‘ ujarnya.