Tebo Dijatah 662 Unit Rumah, Program BSPS Kementerian PUPR

Senin, 09 April 2018 - 10:23:25 - Dibaca: 752 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARATEBO - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian PUPR tahun ini kembali digulirkan. Tebo sendiri salah satu daerah penerima program BSPS tahun anggaran 2018 senilai 9,93 miliar memastikan ada 662 unit rumah yang bakal direnovasi.

662 unit rumah yang memperoleh bantuan tersebut tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Muara Tabir, Tebo Ilir, Rimbo Bujang, Rimbo Ilir dan Rimbo Ulu. Kriteria rumah yang layak memperoleh bantuan tersebut kondisinya yang belum sempurna, seperti dinding, kuda-kuda, atap dan lantai.

Kepala Dinas Perkim Tebo, Erwanto menuturkan, saat ini pihaknya mengirimkan data penerima program BSPS ke kementerian PUPR. Bahkan lanjut dia, dari data awal sebanyak 537 unit yang dikirim ke pusat pihaknya mengirimkan lagi penambahan data penerima program BSPS sebanyak 125'unit.

"Kalau pelaksanaanya kami masih menunggu SK kementrian. Kalau data yang lainnya itu sudah semua. Tinggal pelaksanaanya saja," ujar Erwanto saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu.

Diceritakan Erwanto bahwa program BSPS ini merupakan perjuangan Hj Saniatul Lativa, Anggota DPR RI mengawal dana pusat hingga ke Tebo. Dimana kata dia Kabupaten Tebo tiga kali berturut-turut menerima program BSPS. "Alhamdulilah, berkat perjuangan beliau (Hj Saniatul'red) Kabupaten Tebo tahun ini menerima bantuan program BSPS dari pusat," kata Erwanto.

Sejauh ini dijelaskan Erwanto jika teknis program BSPS nanti bakal menggunakan rasio 1:50 yakni untuk 50 unit  rumah nantinya bakal diawasi oleh 1 org tim verifikasi.  Sementara itu jatah untuk renovasi rumah satu unitnya senilai 15 juta. "Nilai tersebut sudah termasuk upah," ujar Erwanto.

Selanjutnya pihaknya masih menunggu, informasi dari kementrian kapan bakal dimulainya program bedah BSPS ini. Yang jelas kata dia, kemungkinan pertengahan tahun ini sudah mulai ada eksen. "Nanti pusat bakal mengirim dananya ke rekening toko material. Penerima bantuan cukup mengambil material di toko tersebut," tukasnya.

(bjg)