Perambah TNKS Kaswasan Lembah Mausari dan Jangkat Segera Ditertibkan

Selasa, 27 Maret 2018 - 10:36:12 - Dibaca: 575 kali

Google Plus Stumbleupon


APEL:  Bupati Merangin dan Tim Gabungan penertiban TNKS saat menggelar apel di halaman Mapolres Merangin, kemarin.
APEL:  Bupati Merangin dan Tim Gabungan penertiban TNKS saat menggelar apel di halaman Mapolres Merangin, kemarin. [Wiwin / JE]

MERANGIN - Pihak dari Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) rencananya akan menggelar pemulihan kawasan hutan TNKS dengan menertibkan pondok baru dikawasan Kecamatan Lembah Masurai dan Kecamatan Jangkat. ‘’Kami akan melakukan penertiban 22 pondok gabungan antara pihaknya dengan Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin," ujar Kabid Wilayah I TNKS Jambi, Jaya Sumpena, kemarin.

Menurutnya, yang akan ditertibkan akan diberi konpensasi berupa biaya untuk pulang ke daerah asal. Jikalau ada yang tidak mengindahkan, maka dibawa ke proses hukum. ‘’Tetapi hasil tim yang turun ke lapangan kebanyakan dari mereka setuju untuk keluar dari lahan TNKS yang mereka garap dengan konpensasi yang diberikan," ujarnya.

Sementara Waka Polres Merangin, Ricky Hadiyanto, mengatakan tim yang akan diturunkan diinstruksikan untuk melakukan pendekatan presuasif kepada pihak yang akan ditertibkan dalam empat hari kedepan. "Jangan nanti ketika menertibkan, malah timbul masalah baru," ujarnya.

Sementara Pjs Bupati Merangin, Husairi, mengatakan pihak dari Pemkab Merangin mendukung penuh kegiatan yang bertujuan memulihkan kembali lahan TNKS di dua kecamatan tersebut.

(wwn)