Tim Pindahkan Baliho Paslon, Di Merangin APK Rusak dan Roboh

Kamis, 22 Maret 2018 - 14:19:33 - Dibaca: 1110 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI – Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Bupati Kerinci pasangan Zainal Abidin-Arsal Apri nihil di Kecamatan Siulak. APK berupa baliho itu hanya terpasang untuk pasangan Monadi-Edison dan Adirozal-Ami Taher.

Sontak temuan itu mengundang pertanyaan public. Berbagai komentar muncul di media social, terutama dari pendukung masing-masing Paslon. Apalagi APK ini merupakan tanggungan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Komisioner KPU Kerinci, Suhardiman dikonfirmasi membenarkan adanya informasi temuan tersebut. Menurutnya, APK dengan jenis Baliho ditemukan di Pasar Siulak Gedang, Kecamatan Siulak.

“Ada laporan, makanya kita berkoordinasi dengan PPK untuk mengecek kondisi dilapangan,” ujarnya Rabu (21/3) kemarin.

Dari laporan PPK, Baliho tersebut bukan merupakan baliho tambahan dari paslon. Namun milik KPU Kerinci yang dipasang bersama Panwaslu Kerinci beberapa di Pasar Senen Siulak. 

"Setelah kita cek ternyata beliho itu, Baliho di Pasar Senen yang roboh akibat angin. Tapi tim dari paslon nomor urut 1 dan 2 ini berinisiatif memperbaikinya dan memindahkan ke Pasar Siulak Gedang, sedang tim nomor 3 tidak memindahkan," jelasnya.

"Jadi bukan kita yang sengaja memasangkan hanya 2 baleho, tapi inisiatif paslon masing-masing," tambahnya.

Lalu apakah diperbolehkan memindah APK? Suhardiman menyebutkan jika inisiatif dari tim Paslon tidak menjadi persoalan. Karena posisi yang dipasang merupakan lokasi yang telah ditentukan oleh KPU Kerinci. 

"Itu kan titik yang dipasang adalah titik yang diperbolehkan, karena ada 3 titik yang diboleh pasang APK Baliho, di Pasar Senen Siulak, Pasar Siulak Gedang dan Telaga Biru," jelasnya.

Sementara itu, di Kabupaten Merangin APK dibeberapa titik hilang dan rubuh tertiup angin. Padahal, APK itu belum lama ini dipasang KPU Merangin.

Komisioner KPU Merangin, Janiko mengatakan semua APK itu masih menjadi tanggungan pihaknya. Semua itu disepakati ketika serah terima dilakukan kepada tim Paslon.

"Sebelum diserah terimakan kepada masing-masing Tim, APK tersebut masih menjadi tanggung jawan kami," pungkasnya.

(adi/cr1)