Kerinci Hanya Miliki 17 Guru BK

Selasa, 13 Maret 2018 - 13:35:29 - Dibaca: 412 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Selain kekurangan jumlah PNS, Disdik Kerinci saat ini juga kekurangan jumlah Guru Bimbingan Konsling (BK). Bagaimana tidak, hal tersebut terbukti dengan seharusnya Kerinci membutuhkan 54 guru BK, namun kenyataannya Disdik hanya memiliki 17 Guru BK yang berstatus PNS yang bertugas di seluruh SMP di Kerinci.

‘’Pada dasarnya Kerinci membutuhkan 54 orang guru BK untuk tiap SMP dalam Kerinci, namun pada saat ini tercatat hanya ada 17 guru BK di Kerinci, dibantu 29 guru BK berstatus Honorer. Padahal peran guru BP atau BK sangat penting dalam memberikan konseling bagi siswa dalam menghadapi berbagai masalah, termasuk penentuan bakat dan minat dalam pendidikan lanjutan," ungkap Kadis Pendidikan Kerinci, Amri Swarta.

Hal yang sama juga dikatakan Korwas Pendidikan Dasar Disdik Kerinci, H Wazirman. Ia menjelaskan, guru BK sangat penting perannya, salah satunya mengantisipasi kenakalan siswa di sekolah.

‘’Apalagi, pendidikan karakter dan revolusi mental sudah dicanangkan Pemerintah Pusat. Sangat perlu adanya guru yang memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada siswa, itulah tugas guru BK," tandasnya.

(adi)