Warga Dusun Keluhkan Bantuan Bibit Nila

Senin, 12 Maret 2018 - 11:55:48 - Dibaca: 351 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SAROLANGUN – Masyarakat Desa Dusun Dalam, Kecamatan Bathin VIII yang tergabung dalam kelompok budi daya ikan, sangat kecewa dengan pemberian bibit ikan yang disalurkan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Sarolangun pada tahun lalu. Pasalnya, Bibit bantuan tersebut disebut masyarakat tidak berkualitas.

“Sudah 10 bulan ikan nila bantuan Diskannak baru seukuran tiga jari. Padahal pemberian pakannya sudah maksimal,” kata Muklis, salah satu anggota kelompok budi daya ikan di desa setempat.

Oleh sebab itu, mereka menduga bibit bantuan tersebut tidak berasal dari pembibitan resmi, melainkan pembibitan yang asal ada atau bekas sortiran. “Jangan jangan ini bibit sortiran. Tidak dibeli dari pembibitan resmi,” kesalnya.

Akibat bibit yang tak berkuliatas itu lanjutnya, kelompok budi daya ikan di Dusun Dalam mengalami kerugian yang cukup besar karna sudah memberi pakan selama 10 bulan, dan dirinya juga mengaku, rekan- rekan kelompok budi daya ikan lainnya merasa lesu melakukan pembudiyaan ikan kembali. ‘’Lesu kami jadinya, sudah capek tidak ada hasil,” ujarnya.  

Terpisah, Peltu Kepala Diskannak Sarolangun, Asnawi, belum bisa menyimpulkan soal kualitas bibit yang diragukan oleh kelompok budidaya ikan di Dusun Dalam. “Belum kita cek. Apa perlakuannya yang salah atau dosis pakannya yang tidak sesuai. Jadi belum bisa menyalahkan siapa-siapa,” tandasnya.

(hnd)