Jalan Provinsi Menuju Batang Asai Longsor

Sabtu, 10 Maret 2018 - 10:51:05 - Dibaca: 447 kali

Google Plus Stumbleupon


LONGSOR: Jalan utama menuju Kecamatan Batangasai, longsor.
LONGSOR: Jalan utama menuju Kecamatan Batangasai, longsor. [Hadinata / JE]

SAROLANGUN - Jumat (9/3) kemarin, jalan utama menuju Kecamatan Batangasai longsor. Kejadian tersebut terjadi di daerah Bukit Rayo, dimana longsor hampir memakan setengah badan jalan. Sehingga kondis badan jalan yang berdekatan jarak dengan jurang yang dalam itu, kian mengecil, bahkan badan jalan yang dilapis oleh rabat beton tersebut, kini hampir tinggal setengah dikarenakan cepatnya proses pengikasan tanah oleh air yang dipicu oleh guyuran hujan.

"Kebetulan kami sedang berada di lokasi longsor, sepertinya mobil yang bermuatan berat dan mobil bertipe besar, misalkan truck sudah tidak bisa lagi melewati jalan ini. hanya saja motor dan mobil kecil yang bisa melintas," kata Camat Batangasai, Arfan,.

Menurutnya, jalan longsor ini berpotensi bertambah parah, sebab reruntuhan badan jalan di pinggir jurang tersebut, terus saja terjadi sehingga sulit dibendung. "Atas kejadian ini, sudah dilaporkan ke Pemkab Sarolangun," ungkapnya.

Hal senada juga diakui Kapolsek Batang Asai IPTU Ardiansyah, yang menjelaskan, lokasi tempat kejadian tanah longsor berada di jalan Propinsi  Km 68 arah Desa Pekan Gedang, Kecamatan Batang Asai . "Ini akibat hujan deras tadi malam sehingga mengakibatkan badan  jalan longsor lebih kurang 2 meter," katanya.

Disampaikannya, untuk sementara, jalan yang terkena bencana longsor hanya bisa dilewati dengan separuh jalan. Dan pihaknya pun sudah memasang rambu- rambu petunjuk tanah longsor. "Kami himbau kepada masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaannya.Terutama  saat melintasi lokasi bencana tanah longsor. Sebab, apabila hujan turun lagi di kwatirkan akan ada longsor susulan,"pungkasnya.

(hnd)