Galang Dana Anggota, Bantu Warga Kurang Mampu

Sisi Lain Anggota Detasemen Gegana Brimobda Jambi

Minggu, 04 Maret 2018 - 14:35:08 - Dibaca: 631 kali

Google Plus Stumbleupon


BAKSOS : Anggota Detasemen Gegana Brimobda Jambi foto bersama usai memberikan bantuan kepada salah seorang warga belum lama ini.
BAKSOS : Anggota Detasemen Gegana Brimobda Jambi foto bersama usai memberikan bantuan kepada salah seorang warga belum lama ini. [Doni / JE]

Berbagai upaya dilakukan untuk membantu warga kurang mampu. Salah satunya anggota Detasemen Gegana Brimobda Jambi yang menggelar kegiatan sosial dan membantu warga yang kurang mampu.

DONI SAPUTRA

TIDAK HANYA melakukan tugasnya mengamankan masyarakat, Detasemen Gegana Brimobda Jambi juga melakukan kegiatan sosial. Mereka menggalang dana membantu masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan ini dilakukan setiap Jumat. Mereka menyebutkan kegiatan ini dengan nama Gema Jambi atau singkatan dari Gegana dan Masyarakat Jumat Amal Berbagi (Gema Jambi).

Uniknya, dana yang diberikan ke masyarakat tersebut bukan dari anggaran Polri. Melainkan melakukannya dengan iuran anggota seiklasnya.

“Itu dana sumbangan dari anggota Gegana tiap hari yang ikhlas berinfaq,” ujar Kaden Gegana, Dr AKBP Beridiansyah, kemarin (3/3).

Dari iuran ini, jumlahnya tidak mententu. Terkadang dapat Rp 400 ribu dan ada juga Rp 300 ribu. Yang penting, kata dia memberikan sedikit rezeki dengan ikhlas untuk warga yang kurang mampu.

Menurutnya, kegiatan ini inisiatif dari dirinya. Dimana sebagai bentuk keperdulian dan saling membantu. Serta untuk membangun sense of belonging anggota dan keperdulian anggota kepada sesama.

“Tujuannya agar anggota dapat bersyukur bahwa masih banyak yang lebih susah dari mereka,” bebernya.

Sehingga terbangun karakter yang disiplin dan perduli pada satuan keluarga dan sesama masyarakat. Kegiatan ini sudah berlangsung pada minggu ke 8. Ini juga mendapat rospon positif dari masyarakat.

Bentuk sumbangan sendiri, sambungnya berupa sembako. Ada sumbangan kursi roda untuk anak cacat dan ada juga berupa uang tunai.

“Tergantung dari masyarakat yang memerlukan dan membutuhkan dengan kesanggupan dari hasil infaq anggota,” jelasnya.

Ke depannya dia berharap banyak orang yang mau saling berbagi. Namun inti dari semua ini memberikan dengan ikhlas.

(*)