Disnakbud Merangin Jual Bibit Subsidi

Kamis, 08 Februari 2018 - 12:56:42 - Dibaca: 309 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

 

MERANGIN - Dengan kondisi geografis wilayah Kabupaten Merangin ada beberapa  perkebunan pontensial yang masih jadi mayoritas digeluti oleh masyarakat Kabupaten Merangin diantarnya Kebun Karet, Kebun Sawit, Kebun Kopi Robusta dan Kebun Kelapa.

Menurut Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Perternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Merangin, Marzuan Syahputra, keempat jenis perkebunan tersebut adalah 4 komoditi terbesar jika diukur luas lahan yang digunakan. "Nomor satu karet seluas 132.192 hektar, kedua kelapa sawit 53.668 hektar, ketiga kopi robusta 10.803 hektar dan kelapa dalam 1.658 hektar berdasarkan data 2016," ujarnya.

Kedepan, akunya, pihaknya akan ada program peremajaan kebun karet untuk masyarakat yang kebun karetnya yang sudah tidak produktif dari Provinsi Jambi untuk masyarakat Kabupaten Merangin. "Tahun ini ada program peremajaan kebun karet dari Disnakbun Provinsi Jambi untuk masyarakat Merangin yang kebunnya tidak produktif lagi," sebutnya.

Untuk perkebunan karet Disnakbun akan menyediakan bibit bersubsidi yang dijual sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Rp.20.000 per batang yang merupakan hasil anggaran program pembibitan 2017 lalu yang biasaya dijual pasaran Rp. 30.000 per batang. ‘’Kedua program itu bisa didapatkan masyarakat dengan melakukan pengajuan proposal secara perorangan atau secara berkelompok ke Disnakbun," tandasnya.

(cr1)