Dusun Datar Gunakan DD Untuk Membangun Jalan Rabat Beton 

Senin, 29 Januari 2018 - 11:10:53 - Dibaca: 550 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MUARA BUNGO - Dusun Datar Kecamatan Muko-Muko Bathin VII masih fokus dalam membangun insfratruktur. Pada tahun 2017 lalu Bedaro membangun jalan rabat beton dengan volume 1.074 meter yang menghabiskan dana sekitar Rp 275 juta.

Rio Dusun Datar, Tamrin, mengatakan, sejak dikucurkan bantuan Dana Desa (DD) ke setiap Desa, pihaknya memprioritaskan pembangunan jalan rabat beton, serta infrastruktur lainnya.

Tujuan pembangunan jalan tersebut untuk mempermudah akses masyarakat dusun untuk pergi kekebun serta untuk aktivitas lainnya. "Jalan tersebut tadinya hanya berupa jalan tanah yang dipergunakan untuk transportasi masyarakat. Bahkan, jalan itu masih labil dan air sering menggenangi jalan saat turun hujan," ucapnya.

Dikatakannya, jalan ini jika hujan sangatlah licin. Dampaknya, masyarakat yang hendak pergi ke kebun tidak bisa menggunakan kendaraan, dengan demikian masyarakat terpaksa berjalan kaki untuk pergi ke kebun.

"Jalan rabat beton itu memang sangat diperlukan masyarakat karena sebagian besar masih berupa jalan tanah. Untuk itu, kami prioritaskan agar akses transportasi masyarakat menjadi lancar dan aman untuk dilalui menggunakan sepeda motor," katanya. 

Ia juga mengatakan, untuk dibidang pemberdayaan masyarakat pihaknya memberikan berupa palatihan kepada Karang Taruna, Perangkat Desa, Kesehatan Lingkungan (Kader Posyandu dan PKK), dan operasional perkantoran (sarana dan prasarana).

"Dana tersebut benar-benar saya manfaatkan untuk mensejahterahkan masyarakat. Mudah-mudahan pada tahun 2018 ini kami akan membangun  jembatan menuju yang menuju Dusun Bedaro dan membuat Drainase. Perlu diketahui, dalam pengelolaan DD kami libatkan semua masyarakat," tutupnya.

(ptm)