7 Jam, 28 Dokter, Pasangan Calon Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Jumat, 12 Januari 2018 - 11:19:03 - Dibaca: 437 kali

Google Plus Stumbleupon


Calon Kepala Daerah Menjalani Tes Kesehatan
Calon Kepala Daerah Menjalani Tes Kesehatan / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Pemeriksaan kesehatan Jasmani dan Rohani bakal calon kepala daerah (Bacakada) Kerinci, Merangin dan Kota Jambi mulai digelar, Kamis (11/1) kemarin. Bertempat di RSUD Raden Mattahaer Jambi, pemeriksaan perdana ini dihadiri pasangan Adirozal-Ami Taher, Nalim-Khafid, Fauzi Ansori-Sudjarmin dan Sy Fasha-Maulana.

Pemeriksaan berlangsung kurang lebih 7 jam dari pukul 8.00 wib dan baru rampung pada pukul 15.00 wib dengan pengawalan pihak kepolisian. Dalam Pemeriksaan dilakukan di ruang General Check Up, instalasi pemeriksaan diagnosa terpadu juga dihadiri Panwaslu dan KPU masing-masing daerah.

Proses pemeriksaan berjalan aman, hingga Nalim-Khafid menjadi pesta pertama yang menyelesaikan proses ini. Disusul Fauzi-Ansori, Adirozal-Ami Taher dan Sy Fasha-Maulana dibagian akhir.

Usai pemeriksaan Nalim mengatakan semua proses pemeriksaan kesehatan dilaluinya dengan baik dan lancar. Tidak ada masalah dari setiap proses pemeriksaan itu. "Alhamdulillah semuanya selesai. Tidak ada masalah dan lancar, kita ini sehat," ujarnya.

          Nalim menjelaskan, ada banyak tahapan yang dilalalui. Namun dirinya tidak bisa mengingat semua tahapan itu secara satu persatu. “Yang jelas semuanya di periksa, dari ujung rambut hingga kaki,” katanya.

Tidak jauh berbeda dengan Fauzi Ansori yang juga mengaku semua proses pemeriksaan dilewatinya dengan aman. Tidak ada masalah, termasuk menjawab sejumlah lembaran pertanyaan pada tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).  “Tadi semuanya lancar tidak ada masalah. Kita menyelesaikan ini dengan waktu yang cukup cepat," sebutnya.

Fauzi Ansori mengaku 567 pertanyaan pada tes MMPI terssebut. Pihaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih. “Kita selesaikan sekitar 3 jam,” sebutnya.

Sedangkan Adirozal menyebutkan pemeriksaan yang menjadi syarat pencalonan untuk maju di Pilkada Kerinci. Proses dilalui dengan baik meski harus memakan waktu yang cukup lama.  “Tidak ada persoalan, Alhamdulillah berjalan dengan baik. Tidak ada keluhan apa-apa,” sebutnya.

Tes ini juga dilakukan dengan fair dan terbuka. Sehingga pihaknya kedepan menunggu hasil dari pemeriksaan ini. “Semua dilakukan dengan terbuka. saya pikir ini cukup terbuka,” jelasnya.

Sedangkan Sy Fasha yang menutup rangkaian pemeriksaan memberikan apresiasi. Walikota Jambi ini mengaku semua diperiksa secara bertahap dengan sedetail mungkin.  "Semua di periksa, tidak ada yang terlewatkan, jadi ini sama saja dengan general Check up yang berstandar rumah sakit bintang empat,” sebutnya.

Dalam pemeriksaan, kata Fasha, ada 13 dokter yang bekerja secara professional melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini dinilai memiliki standar yang baik karena tidak hanya fisik, tapi mental, psikologi dan pendengaran juga diperikasa.

“Semuanya diperiksa, idak hanya fisik, tapi mental, psikologi dan pendengaran juga diperikasa. Kalau seperti ini kita tidak perlu check up lagi,” katanya sembari tertawa.

Disamping itu, ada pemeriksaan daya ingat, mental, Psikologi dengan 500 lebih pertanyaaan.  Semuanya hanya terjawab dengan dalam waktu 1 jam 15 menit. “Alhamdulillah semua terjawb. Tadi sekitar 1 jam 15 menit untuk saol MMPI,” sebutnya.

Sementara itu, dr. Dudi Ardiansyah, Koordinator pemeriksaan kesehatan Jasmani dan Rohani  bakal calon kepala daerah (Bacakada) mengatakan pihaknya melibatkan 28 dokter spesialis. Kemudian ada perwakilan BNN dan HIMPSI untuk pemeriksaan Psikologi.  “Kita lihatkan 28 Dokter spesialis. Kemudan ada juga BNN dan HIMPSI untuk Psikologi,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan ini sendiri belum bisa disimpulkan pihaknya. Karena semua hasil akan dikumpulkan dan dirapatkan untuk selanjutnya diserahkan kepada KPU.

“Belum bisa kita simpulkan, nanti kita akan rapat dulu, kemudian hasilnya kita serahkan kepada KPU,” jelasnnya.

Untuk Psikologi akan dilakukan tes secara serentak pada pada Sabtu (13/1) mendatang di aula Diklat RSUD Raden Mattaher Jambi. “Nanti sabtu itu semua psangan calon  tes secara serentak. Lokasinya di aula Diklat RSUD Raden Mattaher Jambi,” pungkasnya.

Ia memastikan semua calon mendapatkan komposisi yang sama dalam pemeriksaan. Tidak ada perbedaan atau perlakukan istimewa terhadap salah satunya. “Semua kita perlakukan sama dangan standar yang sama,” katanya.

Rencannya pemeriksaan ini akan berlanjut hari ini. ada empat bakal calon kepala daerah yang akan mengikuti pemeriksaan. Meraka adalah, Zainal-Abidin, Monadi-Edison, Haris-Mashuri dan Abdullah Sani-Kemas Alfarizy.

“Besok (hari ini, red) masih berlanjut. Ada dari kerinci 2 pasangan calon, Merangin 1 dan Kota Jambi 1,” pungkasnya.

(aiz)