Tiga Pasang atau Head to Head, Kandidat Kerinci Hilir Jadi Penentu

Rabu, 27 Desember 2017 - 15:18:00 - Dibaca: 1376 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Dua kandidat calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati (Cawabup) Kerinci sudah dipastikan berpasangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang. Keduanya adalah pasangan Adirozal-Ami Taher dan Monadi-Edison.

Petahana Adirozal-Ami Taher didukung koalisi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 7 kursi. Sedangkan pasangan Monadi-Edison didukung kolaisi Nasional Demokrat (NasDem), PDI Perjuangan dengan 6 kursi.

Pasangan Mondi-Edison juga berpeluang didukung Golkar yang memiliki 5 kursi diperlemen menyusul adanya sinyal dari DPD I yang merekomendasikan satu nama ke DPP. Hanya saja,  dukungan ini belum sepenuhnya bulat, karena rekomendasi tertulis partai berlambang pohon beringin hingga saat ini belum diteken Ketua DPP Golkar, Airlangga Hartanto.

          Begitu juga dengan partai Demokrat yang memberikan sinyal dukungan untuk pasangan Monadi-Edison. Dukungan Demokrat memang menguat, tapi tensi politik di internal partai berlambang merci bergejolak menyusul pernyataan Mantan Ketua DPC Demokrat Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) yang mendukung pasangan Adirozal-Ami Taher.

          Meskipun demikian, peluang satu tiket untuk pasangan calon masih terbuka pesta demokrasi di bumi Sakti Alam Kerinci. Disamping Golkar dan Democrat, masih ada 4 Parpol yang belum menentukan dukungannya menuju perebutan BH 1 DZ.

          Partai itu adalah Gerkan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 5 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2 kursi, Hati Nurani Rakyat (Hanura) 1 kursi dan Partai Bulan Bintang (PBB) 1 kursi di parlemen. Bila dihitung, 9 kursi dari empat Parpol ini cukup untuk memenuhi 6 kursi syarat minimal dukungan untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).