Harga Karet di Bungo Terus Bertahan

Rabu, 27 Desember 2017 - 14:54:09 - Dibaca: 464 kali

Google Plus Stumbleupon


LELANG KARET: Pasar lelang karet di Dusun Tanjung Agung, Bungo.
LELANG KARET: Pasar lelang karet di Dusun Tanjung Agung, Bungo. [FERDIAN/JAMBIEKSPRES]

MUARA BUNGO - Harga komoditi karet di Pasar Lelang Dusun Tanjung Agung terus bertahan dalam satu bulan terakhir. Meskipun belum terlalu membaik, tapi harga sudah berkisar Rp 9,079/kilo hingga Rp 10,369 ribu/kilo dengan harga dasar Rp 16,500.

Bertahannya harga karet menejelang tahun baru 2018 ini, mendapat tanggapan positif dari petani karet yang menjual karetnya ke pasar lelang tersebut. Biasanya harga komoditi karet menjelang tahun baru sering mengalami penurunan harga.

Abdullah (52) salah satu petani karet mengatakan, Ia bersama masyarakat lainnya sangat bersyukur dengan harga karet saat ini, Ia berharap harga karet tidak lagi turun dan terus mengalami peningkatan. ‘’Memang sekarang sudah masuk musim hujan, namun dengan harga karet yang terus stabil seperti ini, maka kami yang petani kecil akan berupaya lebih giat untuk mendapatkan karet yang berkualitas bagus," ucapnya.

Sementara, Ketua Pasar Lelang Karet, Taufik, mengatakan, memang beberapa minggu terakhir harga yang ada di Pasar Lelang yang dia kelola tidak ada masalah lagi dengan harga. Menurutnya, tingginya harga ini juga didukung dengan kualitas karet yang bersih.

‘’Kami berharap kepada petani karet agar terus menjaga kualitas karet produksi kebunnya yang hendak dijual di pasar lelang. Kami sebagai panitia lelang karet, setiap minggu berharap agar harga ini terus bertahan, dan kalau perlu lebih tinggi dari sekarang harga yang ada di pasar lelang yang kami kelola ini," tutupnya.

(ptm)