Tim Surveior Akreditasi Pusat Kunjungi RS Dr Bratanata, Evaluasi 2 Tahun Akreditasi Paripurna

Selasa, 15 Agustus 2017 - 11:08:24 - Dibaca: 3055 kali

Google Plus Stumbleupon


VERIFIKASI: Kepala Rumah Sakit Dr Bratanata, Mayor CKM. dr Nirwan Arief Sp. M.MARS, memberikan penjelasan kepada tim akreditor pusat.
VERIFIKASI: Kepala Rumah Sakit Dr Bratanata, Mayor CKM. dr Nirwan Arief Sp. M.MARS, memberikan penjelasan kepada tim akreditor pusat. / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Kemarin (14/08) Surveior Akreditasi Pusat melakukan verifikasi ke dua dari akreditasi paripurna yang diterima Rumah Sakit DKT Dr Bratanata Jambi tahun 2015 lalu. Survei ke dua ini dilakuan oleh dr. H.B Wibisono.SpS, yang merupakan tim akreditor dari pusat.

 Wibisono mengatakan, survei ke 2 pasca akreditasi 2015 lalu ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana Rumah Sakit melaksanakan dari penilaian yang dilakukan pada akreditasi lalu. Artinya, survey ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepatuhan Rumah Sakit.

“Survei ini untuk meningkatkan penilaian dari akreditasi yang telah didapatkan. Dan sebagai persiapan untuk akreditasi tahun depan,” katanya.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) DKT Dr Bratanata Mayor CKM. dr Nirwan Arief Sp. M.MARS, mengatakan, tahun 2015 lalu Rumah Sakit DKT dr Bratanata sudah terkresitadi Paripurna. Dengan 15 pokja penilaian yang dilakuakn memperoleh hasil rata-rata diatas 80 persen.

Ia menjelaskan, beberapa pokja yang dilakukan penilaian, seperti, keselamatan pasien dan mutu, hak pasien, pelayanan kesehatan berfokus pasien, fasilitas kesehatan rumah sakit. Kemudian, pada manajemen fasilitas kesehatan dilakukan penilaian pada permasalahan limbah, B3, dan radiasi.

“Yang pasti tetap kita pertahankan dan akan terus ditingkatkan pelayanan terhadap konsumen,” jelasnya.

Ditambahkannya, sebagai Rumah Sakit dengan TNI dan keluarga TNI, Rumah Sakti DKT Dr Bratanata juga malayani pasien umum. Meskipun demikian, pelayanan yang diberikan tetaplah sama dan tidak ada perbedaan anatara TNI dan pasien umum.

Pada survei ke dua ini, nantinya juga akan disampaikan apa yang harus dipersiapkan pada akreditasi tahun depan. Sesuai dengan aturan yang berlaku, akreditasi hanya berlaku selama 3 tahun. Setelah penilaian ini, Dia mengakan, persiapan juga akan dilakukan jelang akreditasi tahun depan.

“Tahun depan ada hal baru sebagai penilaian akreditasi,” tambahnya.

Verifikasi dihadiri oleh Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf Reflizal, Kakesdam Sriwijaya Letkol Ckm  dr FX Budi Spj. Karumkit tingkat II dr Ak Gani, Dandenkesyah 02.04.02 Jambi Letkol CKM dr Robert Simanjuntak , MARS sebagai pilindung dan penanggungjawab  RS Dr Bratanata.

(nur/adv)