Kekeringan Ancam Jambi, Debit Batanghari Tinggal 7,40 Meter

Senin, 07 Agustus 2017 | 11:49:49 WIB | Dibaca: 2004 Kali

M RIDWAN/JAMBI EKSPRES
PENDANGKALAN SUNGAI: Kondisi Perairan Sungai Batanghari yang membelah Provinsi Jambi, tepatnya di kawasan Desa Sungai Duren, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, terlihat mulai mengering akibat kemarau yang terjadi di Jambi. Foto diambil dari udara pada Kamis 3 Agustus 2017 lalu.

JAMBI - Provinsi Jambi tidak hanya dilanda masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Musim kemarau yang sudah berjalan hampir satu bulan belakangan ini, membuat Jambi terancam bencana kekeringan dan kesulitan air bersih.

Bahkan, debit sungai Batnghari di beberapa daerah terus mengalami penyusutan. Kini kedalaman Sungai Batanghari di Kota Jambi hanya 7,40 meter. Tidak hanya itu, sumur-sumur warga juga mulai mongering.

‘‘Sehari sebelumnya debit sungai 7.50 meter. Hari ini (kemarin, redo) turun lagi menjadi  7,40 meter,’’ ujar Penjaga Pintu Air di Kawasan Tanggo Rajo, Ancol, Kota Jambi, Udin,  Minggu (6/8) kemarin (6/8).

Menurutnya, kondisi sepertinya akan terus berlarut. Pasalanya hingga saat ini belum ada turun hujan.

‘‘Kering, karena dakdo hujan lagi,’‘ ujarnya.

Dia memprediksi, akan terus terjadi pendangkalan. Pasalnya di wilayah huluan juga belum ada turun hujan. ‘‘Kemungkinan bakal surut lagi,’‘ sebutnya.