Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

Passing Grade Tes CPNS 2013 Diumumkan
Rabu, 09/10/2013 - 10:26:54 WIB | Kategori: Kota Jambi - Dibaca: 6803 kali

HINGGA saat ini penetapan nilai ambang batas tes CPNS 2013 masih belum ditentukan. Para peserta tes CPNS masih dihimbau untuk menggunakan passing grade tahun lalu sebagai patokan.

Pasalnya, naik turunnya passing grade tersebut masih belum dapat dipastikan. Informasi tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmaja. Ia menegaskan bahwa segala kemungkinan bisa saja terjadi.

"Belum dapat dipastikan," ujarnya saat dihubungi kemarin.

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini proses penentuan passing grade masih dalam tahap pembahasan. Simulasi terkait passing grade tersebut juga masih terus dilakukan ditiap jajaran lembaga dan kementerian. Setiawan menjanjikan, pengumuman passing grade tersebut paling lama akan diumumkan pada minggu depan.

Passing grade yang digunakan pada tahun 2012 adalah untuk SLTA/sederajat,"passing grade-nya 25 untuk tes karakteristik pribadi, dan masing-masing nilainya 5 untuk intelegensia umum, dan wawasan kebangsaan. Sedangkan untuk" DII/DIII/sederajat, kartakteristik pribadi ditetapkan 27,5; intelegensia umum dan wawasan kebangsaan masing-masing harus 7,5. Sementara untuk S1/ DIV ke atas, karakteristik pribadi minimal harus 30; intelegensia umum 15; dan wawasan kebangsaan 10. Ditambahkan, dari 200 soal dalam TKD, setiap jawaban yang benar mendapatkan nilai 0,5, sehingga kalau benar seluruhnya, total nilainya 100.

Dari pengalaman tahun 2012 lalu, kebanyakan peserta terganjal oleh nilai wawasan kebangsaannya yang tidak memenuhi passing grade. Kendati demikian, Setiawan juga tidak menjanjikan akan adanya penurunan passing grade untuk tes CPNS tahun 2013 yang sudah mulai digelar ini.

Sementara itu, Menpan-RB Azwar Abubakar juga terus menghimbau agar para peserta belajar dari pengalaman tahun lalu. Ia berharap, mereka bisa serius belajar mengenai wawasan kebangsaan tersebut. Tes wawasan kebangsaan sendiri terdiri dari empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. "Sejarah sudah termasuk di dalamnya."

Pendaftaran tes CPNS dibeberapa kementerian terliahat sudah tutup. Dan beberapa diantaranya telah melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) sejak awal Oktober lalu. Bahkan, Kementerian Luar Negeri telah menggelar TKD sejak 30 September hingga 8 Oktober 2013 kemarin. (mia)

 

2014, Ribuan  PNS Pensiun
 
Pemerintah Kabupaten Merangin bakal kekurangan Pegawai, hal tersebut dikarenkan hinga akhir 2013 tercatat banyak bahkan ratusan pegawai akan mengalami pensiun.
Kepala Badan Kepegawaian Dearah (BKD) Merangin, Hatam Tafsir melalui Kabid Pensiun, Arisayuti dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurutnya, pada 2013 jumlah PNS dilingkup pemerintahan Merangin yang pensiun sebanyak 167 orang.
 “Setiap tahunnya ratusan yang pensiun. 2013 saja ada 167 PNS yang pensiun,” kata Arisayuti, seraya menyebut mereka yang pensiun pada umumnya didominasi tanaga guru.
 Diungkapkannya, untuk tahun 2014 mereka yang masuk masa pensiun tercatat sebanyak 153 orang. Dan bahan untuk mengurus SK pensiun para PNS tersebut sedang dalam proses pihaknya.
 “Banyak yang pensiun, tentu jumlah pegawai akan berkurang,” sebutnya.
 Apa lagi tambahnya, sejak 2010 lalu sampai 2013 ini pemkab Merangin tidak pernah lagi merekrut CPNS. Dengan begitu sebutnya, secara otomatis penganti PNS yang pensiun tak ada.
 “Paling kita hanya memanfaatkan pegawai yang ada untuk mengisi kekosongan,” jelasnya.
 Meski tiap tahun ratusan PNS masuk masa pensiun, namun penambahan pegwai tetap juga ada. Penambahan pengawai didapatkan dari pegawai yang pindah dari luar daerah yang masuk ke Merangin.
 “Tiap tahun ada pegawai pindahan masuk. Untuk satu bulan ini saja, ada 16 orang pegawai baru masuk yang berasal dari pegawai pindahan luar daerah,” ucapnya.

(bjg)

 







BERITA TERKAIT :



0 Komentar :






  Terkini  
  Terpopuler  
  Komentar  




INDEKS BERITA

/ /