Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

Hari ini, AJB dan CE Terbang ke Amerika
Jumat, 20/09/2013 - 10:49:45 WIB | Kategori: Kota Jambi - Dibaca: 723 kali

Terpilih Ikuti Orientasi Kepemimpinan di Harvard Kennedy School

JAMBI-Provinsi Jambi patut berbangga. Dua putra terbaiknya, yakni Walikota Sungaipenuh Prof Dr H Asafri Jaya Bakri (AJB) MA dan Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra (CE), terpilih sebagai peserta executive leader program di Harvard Kennedy School , Amerika Serikat.

   Keduanya akan terbang ke Amerika Serikat malam ini (20/09) bersama 18 kepala daerah dan kepala Bappeda lainnya se Indonesia.

    ‘’Insya Allah malam ini (20/09) kita akan take off ke Amerika Serikat untuk mengikuti program tersebut,’’ ujar AJB saat dikonfirmasi koran ini via telepon, kemarin.

     Program ini sendiri merupakan kelanjutan dari pendidikan orientasi kepala daerah (bupati/walikota) se Indonesia yang diselenggarakan sejak 2010 per angkatan selama 3 minggu di Balai Diklat Kemendagri. Orientasi akan digelar mulai tanggal 20 September hingga 20 Oktober 2013.

Dari beberapa angkatan yang diseleksi, dipilih 19 orang peserta yang akan dilanjutkan pendidikan orientasinya di Amerika Serikat. AJB dari angkatan ke II tahun 2012, sedangkan Cek Endra dari angkatan ke I tahun 2013.

Menurut AJB, program yang berlangsung selama 1 bulan itu bertujuan memperkaya dan memperluas horizon kepemimpinan, mempelajari lebih jauh bagaimana optimalisasi pelayanan publik dan transparansi pemerintahan. Kerjasama pejabat administratif dan politik serta management pembangunan berkelanjutan dengan peran serta masyarakat.

“Program ini sangat diperlukan bagi kepala daerah untuk memacu pembangunan dengan kepemimpinan yang dinamis dan responsif serta pemerintahan yang terbuka dan melayani,” sebut mantan Rektor IAIN STS Jambi dua periode itu.

Pengalaman pendidikan orientasi ke luar negeri bukanlah yang pertama bgai AJB. Ia juga pernah memperoleh orientasi pendidikan di Laipzik dan Humberg University di Jerman.

“Kita juga akan menerima materi dari para ahli di kampus harvard.  Di samping itu, kita akan melakukan komparasi pembangunan kota terbaik sebagai best practices pemerintahan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat,” sebutnya.

Terpisah, Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra mengatakan, dirinya merasa bangga atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk menimba ilmu selama satu bulan penuh di Amerika. Dari pendidikan tersebut, ia berharap  dapat memicu percepatan pembangunan di Kabupaten Sarolangun.

"Ini tentu kesempatan baik bagi saya untuk menimba ilmu di Amerika, dengan kesempatan ini tentu menjadi pemicu bagi saya untuk pembangunan dan kemajuan Sarolangun kedepannya," ujar Cek Endra kepada Sarolangun Ekspres (Group Jambi Ekspres, red) belum lama ini.

(pin/adv)







BERITA TERKAIT :



0 Komentar :






  Terkini  
  Terpopuler  
  Komentar  




INDEKS BERITA

/ /