Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

Pemilih Pemula Capai 21 Persen
Senin, 01/04/2013 - 09:47:45 WIB | Kategori: Politik - Dibaca: 743 kali

PEMILIH PEMULA : KPU Kota Jambi melakukan launching Pilwako beberapa waktu lalu. Untuk menekan angka golput ditingkat pemilih pemula, KPU gencar melakukan sosialisasi.

JAMBI – Jumlah pemilih pemula di Kota Jambi cukup signifikan. Berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu, jumlah tersebut mencapai mencapai 21 persen.

“Jumlah pemilih pemula mencapai angka 21 persen, jika mereka tidak menggunakan hak suaranya, dapat dipastikan tingkat partisipasi pemilih di bawah 80 persen,” ujar Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi kepada wartawan kemarin.

Namun menurut Ratna, data tersebut bisa saja berubah tergantung dengan hasil pemutakhiran yang dilakukan oleh PPDP nantinya.

“Ini data dari DP4, tentu untuk data validnya di daftar pemilih tetap (DPT). Bisa jadi berkurang karena hasil verifikasi dari tim PPDP kami,” katanya.

Dengan tingginya jumlah pemilih pemula tersebut, maka sosialisasi terhadap kelompok ini sangat penting dilaksanakan, untuk memberi pengetahuan tentang Pemilu, sehingga nantinya diharapkan pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya di TPS. “Anak-anak muda penting untuk ikut serta dalam sosialisasi pemilih pemula,” terangnya.

Saat sosialisasi yang dilakukan bekerjasama dengan instansi pemerintah, seluruh peserta sosialisasi diimbau untuk dapat melihat dan memeriksa namanya di Kelurahan dan dapat juga mengecek di website KPU Kota Jambi di www.kpu-jambikota.go.id apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Sedangkan untuk Data Pemilih Sementara (DPS), hari ini (01/04) mulai diumumkan di 62 kelurahan di Kota Jambi. Untuk meminta tanggapan dari masyarakat apakah ada kesalahan dalam data pemilih sementara ini. “Kita sudah minta PPK untuk melakukan supervisi. KPU sendiri akan turun di tanggal duanya,” tandasnya.

(cas)







BERITA TERKAIT :



0 Komentar :






  Terkini  
  Terpopuler  
  Komentar  




INDEKS BERITA

/ /