Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

Kesbangpol Koordinasi Jelang Pilkada
Jumat, 08/03/2013 - 09:52:19 WIB | Kategori: Politik - Dibaca: 879 kali

KOORDINASI : Pembukaan forum koordinasi oleh Kesbangpol yang dibuka oleh sekretaris daerah Provinsi Jambi bersama Kepala Kesbangpol Provinsi Jambi H. Ali Dasril, SH. (BAKAR/JAMBIEKSPRES)

JAMBI- Pesta demokrasi pilkada 3 daerah tahun 2013 dan pemilu tahun 2014, ditargetkan dapat berjalan dengan aman dan kondusif. Apalagi pilkada di provinsi Jambi sejauh ini selalu berjalan aman dan sukses.  Oleh karena itu, Kesbangpol Provinsi Jambi bekerjasama dengan sejumlah pihak mengadakan koordinasi persiapan pemilu se-Provinsi Jambi di Golden Harvest Hotel 6 hingga 7 Maret kemarin untuk lancarnya pilkada beberapa daerah tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ir. H. Syahrasadin yang membuka rapaat koordinasi tersebut menyebutkan, melalui forum koordinasi yang diselenggarakan oleh Kesbangpol diharapkan memunculkan sejumlah rumusan untuk mengatasi permasalahan pelaksanaan pilkada ataupun pemilu. Maka dari itu, perlu dibahas kemungkinan kendala yang terjadi dan solusi untuk mengantisipasinya. "Pemilu dan pilkada yang aman dan terkendali merupakan kunci pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar dan sukses. Perlu peran semua lini untuk mensukseskan pemilu tersebut," sebutnya.

Syahrasadin menyebutkan, persolan yang sering muncul dalam pelaksanaan pilkada seperti ketidak akuratan data pemilih dan dana pilkada serta tidak siapnya kandidat menerima kekalahan, sering manjadi kendala dalam demokrasi. Dan solusi untuk mencegahnya perlu dilakukan melalui koordinasi lintas sektoral seperti yang dilakukan kemarin (7/3). "Koordinasi seperti ini perlu dilakukan sebelum pelaksanaan pemilu," katanya.

Ditambahkannya, biasanya satu minggu sebelum pelaksanaan pilkada forum pimpinan daerah akan melakukan koordinasi terkait kesiapan pelaksanaan pilkada. Dan satu hari sebelum pelaksanaan pilkada pihak pemerintah provinsi dan pihak pengaman pemilu dalam hal ini polisi dan dandrem akan turun kedaerah pelaksanaan pemilu. Ini dimaksudkan untuk melihat langsung kesiapan pelaksanaan pilkada.

Sementara itu, kepala Kesbangpol Provinsi Jambi H. Ali Dasril, SH menambahkan, kondisi pemilukada diprovinsi Jambi pada dasarnya masih tergolong kondusif. Hal tersebutlah yang perlu dijaga melalui adanya rapat koordinasi dengan pihak penyelengara pelkada dan pemilu di 11 kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi. Dan pada tahun 2013 ini tiga daerah di Provinsi Jambi akan melangsungkan pilkada, melalui koordinasi ini diharapkan dapat benar-benar siap. "Kerinci, Kota Jambi dan Merangin akan melangsungkan pilkada pada tahun 2013 ini, kita harapkan benar-benar siap. Kalaupun ada kendala, melalui rapat koordinasi inilah kita cari solusinya," ungkapnya.

Ditambahkannya, konflik sosial akibat pemilukada di provinsi Jambi hingga tahun 2012 tercatat 112 kasus, namun konflik tersebut tidak ada yang sampai ke Mahkamah konstitusi. Dan kedepan peroalan Tim pemenangan dari peserta pilkada perlu menjadi perhatian serius, pasalnya konflik sosial tersebut sering muncul dari Tim yang tidal legowo dengan kekalahan. Maka dari itu pempov dan pihak pengamanan pilkada akan turun satu hari sebelum pilkada.

(kar)







BERITA TERKAIT :



0 Komentar :






  Terkini  
  Terpopuler  
  Komentar  




INDEKS BERITA

/ /