Mobile Version
m.jambiekspresnews.com

P3A Jambi Raih Juara III Nasional
Rabu, 28/11/2012 - 14:01:16 WIB | Kategori: Kota Jambi - Dibaca: 653 kali

JAMBI – Provinsi Jambi lagi-lagi menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Kali ini, Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) tingkat Nasional mendapatkan juara III Nasional. Untuk itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ir. Syarahsaddin meminta agar masyarakat jangan menanam tanaman keras satu atau dua meter dari saluran irigasi primer.

          “Ini yang merusak saluran irigasi,” katanya, usai pembukaan acara pelatihan Peningkatan Kompetensi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dan Forum Perbenihan se-Provinsi Jambi tahun anggaran 2012.

          Menurutnya, Penggunaan sumberdaya air saat ini sudah semakin kompetitif. Sebab, penggunaan air tidak hanya untuk pertanian, melainkan  untuk sektor industri, pemukiman serta pariwisata.

Maka, sejak dini sumberdaya air di suatu wilayah harus tetap diupayakan terjaga keberlanjutannya dan harus bijak dalam penggunaannya, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No. 6 tahun 2004 tentang Sumberdaya air.

“Khusus untuk sektor pertanian, penggunaan air irigasi dirasakan masih belum efisien, dikarenakan berbagai sebab,” kata Sekda.

Untuk itu, perlu adanya peran P3A dalam pengelolaan air irigasi yang berkelanjutan. Sebagaimana yang diatur pada Peraturan Pemerintah No.20 tahun 2006 tentang irigasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Ir. Amrin Aziz mengatakan, tujuan dilakukan pelatihan P3A adalah, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan P3A di bidang manajerial, sosial ekonomi dan keuangan finansial.

Selain itu, untuk mengkoordinasikan lembaga perbenihan dengan stak holder di daerah, serta membahas kondisi perbenihan yang terjadi saat ini, khususnya produksi dan pemasanan.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa materi akan disampaikan narasumber,” tegasnya.

(fth)







BERITA TERKAIT :



0 Komentar :






  Terkini  
  Terpopuler  
  Komentar  




INDEKS BERITA

/ /